Sering kali Anda mendapati roti yang baru beberapa hari, namun sudah keras dan kering. Supaya lebih awet, ada beberapa tips tepat dalam menyimpan roti.

Roti tawar merupakan jenis makanan pokok yang kerap dipilih sebagai makanan pengisi perut. Beragam sajian lezat bisa diolah dari roti, mulai dari roti selai, sandwich, atau roti panggang. Sayangnya, roti tidak bisa bertahan lama dan cepat mengeras bila tidak disimpan dengan cara yang tepat.

Madelyn Osten selaku Head Baker Sullivan Street Bakery di Miami yang terkenal, memberikan 5 tips cara menyimpan roti agar tidak keras dan terhindar dari jamur. Dilansir dari Cooking Light (4/9), inilah 5 rahasia menyimpan roti.

1. Bekukan roti di freezer

Madelyn mengatakan, “Membekukan roti adalah cara terbaik agar roti bertahan dalam waktu lama. Anda bisa bungkus roti yang masih utuh ataupun sudah diiris ke dalam plastik khusus untuk penyimpanan di freezer atau freezer bag. Bisa juga dikemas pakai kertas lilin untuk tiap lembaran roti. Kemudian ketika sudah beku dan Anda ingin memakannya, keluarkan dari freezer bag malam sebelumnya. Cairkan perlahan dengan menaruhnya di kulkas. Kemudian setelah itu, Anda bisa panggang rotinya pada 162C selama 25 hingga 30 menit.”

2. Simpan dengan kertas, jangan plastik

“Roti pada umumnya memang ada yang dikemas dengan plastik. Namun ternyata, dengan menyimpannya di dalam plastik, akan mendorong pertumbuhan jamur, sehingga roti menjadi lebih cepat rusak. Maka solusinya, Anda bisa simpan roti di dalam kantong kertas untuk membantu mempertahankan kesegarannya,” kata Madelyn.

Ia juga menyarankan tetap menaruh pinggiran roti di dalam kemasan roti yang akan disimpan. Hal ini untuk menjaga sisa roti terpapar udara sehingga kesegarannya bertahan lebih lama.

3. Simpan di kotak roti

Baker handal ini melanjutkan, “Kotak atau tempat roti adalah cara yang tepat untuk menyimpan roti. Sebab kotak roti memiliki lubang kecil di dalamnya, yang memungkinkan hanya sedikit udara akan bersirkulasi, sehingga akan menjaga roti dari jamur.”

4. Jangan disimpan di atas kulkas

Roti sering kali disimpan di atas kulkas oleh kebanyakan orang. Padahal, dengan menyimpan roti di atas kulkas akan mengakibatkan roti cepat keras akibat suhu panas yang dikeluarkan dari kulkas. Cobalah untuk menyimpan roti di tempat yang sejuk dan kering di sekitar meja makan. Atau Anda bisa simpan di dalam laci makanan.

5. Beli kantong roti yang bisa digunakan kembali

“Jika Anda mencari cara yang lebih fleksibel atau ramah lingkungan untuk menjaga kesegaran roti, cobalah kantong roti yang dapat digunakan kembali. Kini banyak di pasaran yang menjual kemasan penyimpanan roti yang bisa dicuci terus menerus dan bisa di simpan di dalam freezer. Dengan kemasan alternatif ini, akan memudahkan Anda menyimpan roti ketika baru beli di supermarket. Tas ini bahkan juga terbuat dari kain sehingga roti masih tetap bisa ‘bernafas.'”

https://food.detik.com/info-kuliner/d-4695193/5-cara-simpan-roti-tawar-agar-awet-segar-dan-tak-mudah-berjamur